Wednesday, December 14, 2011

Menganalisis Statistik Menggunakan Ms.Excel 2010

TwitThis
Penggunaan teknologi komputer dalam melakukan perhitungan analisis statistik akan lebih akurat dibanding kita melakukannya dengan perhitungan manual. Banyak sekali program pengolahan data untuk analisis statistik yang ada saat ini dipasaran, namun kali ini saya akan sedikit berbagi tentang pemecahan masalah analisis statistik menggunakan Microsoft Excel 2010.

 
Ada dua fasilitas yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan analisis statistik di Excel, yaitu perintah Data Analysis dan perintah Function. Data Analysis merupakan perintah tambahan pada MS.Excel, oleh karena itu kita perlu menginstal menu tersebut. Langkah-langkah untuk menginstal menu tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Pada menu File klik Option –> Add-Ins –> Go sehingga muncul kotak dialog seperti dibawah ini.
 
2. Beri tanda centang pada Analysis ToolPak dan Analysis Toolpak-VBA kemudian klik OK, maka MS. Excel akan menginstal perintah tambahan yang kita butuhkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam dunia statistika.
  Setelah selesai penginstalan maka kita langsung dapat melakukan analisis statistik dengan menggunakan menu tambahan tersebut, caranya klik Data –> Data Analisys pada menu utama maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.

 
          
Didalam kotak dialog tersebut terdapat berbagai pilihan jenis analisis statistik yang bisa kita gunakan. Untuk mengetahui fungsinya lebih lanjut dan seluruh penyelesaian permasalahan yang ada dalam dunia statistika, nantikan release ebook perdana saya yang membahas mengenai pemecahan masalah statistik menggunakan MS. Excel beberapa minggu kedepan. ^_^

Thanks,

Regards.

source:http://mugi.or.id/blogs/heri-sembiring/archive/2011/07/29/bermain-statistik-di-ms-excel-2010.aspx



0 comments:

Post a Comment

 


Twitter Blog Templates © Copyright by My Own World: Statistics | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks